Thursday, October 20, 2011

Web Engineering

Halo ! . di Jumat pagi yang cerah ini, saya akan bercerita tentang “WEB ENGINEERING”. Apa sih web engineering itu sendiri ??? .

Web Engineering adalah suatu proses yang digunakan untuk menciptakan suatu sistem aplikasi berbasis web dengan menggunakan ilmu rekayasa, prinsip-prinsip manajemen dan pendekatan sistematis sehingga dapat diperoleh sistem dan aplikasi web dengan kualitas tinggi. Pada dasarnya pemrograman web ditujukan untuk menyampaikan informasi kepada user, dengan memanfaatkan teknologi jaringan berbasis protocol TCP/IP.

Sedang apa tujuan mempelajari web engineering ??? .

Menurutku tujuan mempelajarinya adalah agar mampu menganalisa dan membangun website yang menarik, efektif dan user friendly, dengan menerapkan konsep pembangunan website yang sudah diajarkan, juga mengenalkan berbagai teknologi dan bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam membangun website.

 

Apa Atribut pada Aplikasi dan Sistem Berbasis Web ??? .
Menurut Pressman (2005: 502) Web application berbeda dari kategori lainnya dalam perangkat lunak komputer. Atribut yang mengikuti sangat banyak ditemui di dalam web application adalah:
  1. Network intensiveness
  2. Concurrency
  3. Unpredicable load
  4. Performance
  5. Availability
  6. Data driven
  7. Content sensitive
  8. Continuous evolution
  9. Immediacy
  10. Security
  11. Aesthetics
Sedangkan yang termasuk ke dalam kategori aplikasi yang sering ditemui di dalam kerja web engineering adalah:
  1. Informational
  2. Download
  3. Customizeable
  4. Interaction
  5. User input
  6. Transaction-oriented
  7. Service-oriented
  8. Portal
  9. Database access
  10. Data warehouse

Lalu Apa Ciri dan Karakteristik WebApp (Web Application) ??? .
Aplikasi web berbeda dari software lain karena hal-hal dibawah ini:
1. Network intensive ==> Sifat dasar dari WebApp (aplikasi web) adalah aplikasi ini ditujukan untuk berada di jaringan dan memenuhi kebutuhan komunitas yang berbeda.
2. Content-Driven ==> Sebagian besar fungsi dari WebApp adalah untuk menyajikan informasi dalam bentuk teks, grafik, audio dan video ke end-user.
3. Continuous evolution ==> Selalu berkembang secara terus menerus.
4. Document-oriented ==> Halaman-halaman situs yang statis akan tetap ada sekalipun sudah ada pemrograman web dengan java atau yang lain.
Selain itu WebApp memiliki karakteristik seperti berikut ini :
1. Kesiapan (Immediacy) ==> Diperlukan segera untuk memenuhi ditayangkan, dipasarkan dalam waktu singkat.
2. Keamanan (Security) ==> Untuk melindungi isi yang sensitif dan menyediakan pengiriman data yang aman, keamanan suatu WebApp harus diterapkan pada seluruh infrastruktur yang mendukung WebApp dan termasuk dalam WebApp sendiri.
3. Estetika (Aesthetics) ==> Daya tarik utama WebApp adalah tampilan dan keindahan. Jika WebApp digunakan untuk memasarkan suatu produk maka sisi aestetika harus diperhatikan sebagaimana sisi teknis.
4. Public User ==> Aplikasi web ditujukan untuk digunakan oleh komunitas user yang besar, beragam dan sejumlah user yang tak dikenali. Oleh karena itu pada saat mengembangkan aplikasi web, user interface dan fiturfitur kemudahan dalam penggunaan (usability features) harus mampu menjawab kebutuhan dari semua user tersebut tanpa harus melalui suatu program latihan. Semua hal ini merupakan gabungan dari Human Web Interaction ( HWI ), user interface, dan information presentation.
5. Compatible ==> Media pengiriman konten untuk aplikasi web sangat berbeda dengan software tradisional. Apliakasi web membutuhkan kecocokan dengan berbagai jenis perangkat display, format tampilan, dukungan hardware, software dan lain lain yang dirasa berhubungan dengan media pengiriman.

Selanjutnya Apa Konsep dari Web Engineering itu ??? .
  • Aplikasi web yang dihasilkan oleh suatu rekayasa web dapat didefinisikan Sebuah aplikasi web adalah suatu sistem software yang berbasiskan teknologi dan standard dari konsorsium world wide web (W3C) yang menyediakan sumber yang bersifat spesifik seperti konten atau layanan melalui sebuah user interface yang disebut web browser.
  • Web Engineering dapat dikatakan sebagai salah satu cabang independen dari rekayasa perangkat lunak (software engineering)
  • Engineering secara umum berarti aplikasi praktis dari sains untuk dunia komersil atau industri dengan tujuan agar perancangan aplikasi menjadi lebih baik (lebih cepat, lebih murah atau lebih aman)
  • Software Engineering didefinisikan sebagai aplikasi dari sains dan matematika dengan bantuan kapabilitas perangkat komputer sehingga menjadi berguna (useful) bagi manusia melalui program komputer, prosedurprosedur dan dokumentasi pendukungnya (Boehm 1976)

Apa Layer-layer Web Engineering ??? .
Web Engineering dapat digambarkan ke dalam tiga layer yaitu:
1. Proses
Model proses WebE mencakup/menganut filosofi pengembangan yang tangkas yang mendefinisikan kegiatan seperti berikut:
♣ Mencakup perubahan
♣ Mendorong kreativitas dan kebebasan pengembangan staf dan interaksi yang kuat dengan para pemegang saham
♣ Membangun sistem dengan menggunakan tim pengembangan yang kecil
♣ Menekankan perkembangan evolusioner atau incremental menggunakan siklus pengembangan yang singkat
2. Metode
Metode lahan WebE meliputi satu set tugas-tugas teknis yang memungkinkan untuk seorang Web Engineer untuk memahami, menggambarkan, dan kemudian membangun WebApp yang berkualitas tinggi.
♣ Metode komunikasi (Communication methods) : ini mendefinisikan pendekatan yang digunakan untuk memfasilitasi komunikasi antara Web Engineer dan pemegang saham web lainnya
♣ Persyaratan metode analisis (Requirements analysis methods) : metode ini memberikan dasar untuk memahami konten yang akan disampaikan WebApp, fungsi yang akan disediakan bagi pengguna terakhir dan cara interaksi yang masing-masing pengguna kelas akan membutuhkannya
♣ Metode desain (Design methods) : ini mencakup serangkaian teknik desain yang mengalamatkan konten WebApp, aplikasi dan informasi arsitektur, desain perantara, struktur navigasi.
♣ Metode pengujian (Testing methods) : ini mencakup tinjauan teknis resmi, baik isi dan model desain dan beragam teknik pengujian
3. Peralatan dan teknologi                 
Teknologi ini mencakup beragam konten deskripsi dan bahasa peragaan, browser, alat-alat multimedia, situs penggubah, alat konektivitas database, servers dan server utilities, dan situs menejemen dan situs analisis.

Tahukah maksud dari gambar dibawah ini ???? .
Gambar diatas merupakan Tahapan-tahapan atau Proses dalam Web Engineering (Dari Pressman: 508). Penjelasannya sebagai berikut :
1. Customer communication
Komunikasi yang baik dengan user merupakan sarana efektif dalam membuat atau menerjemahkan apa saja yang user inginkan (requirements).
2. Planning
Yaitu tahap penggabungan requirement (kebutuhan) dan informasi dari user dan perencanaan teknis serta menanggapi respon (tanggapan) dari user. Perencanaan teknis dilakukan dengan mengidentifikasi perangkat lunak maupun perangkat keras apa saja yang dibutuhkan, respon dari pengguna dapat dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada user maupun kepada targetan lain selain user (mahasiswa dan masyarakat umum) tergantung kesepakatan pengembang.
3. Modeling ( Pemodelan )
a. Analysis modeling, merupakan tahap berikutnya dari planning dan komunikasi dengan user.
- Analisis isi (content) => merumuskan kebutuhan (requirements) dari user serta permasalahan apa yang akan diselesaikan.
- Analisis interaksi => mengidentifikasi interaksi antara user denagn system berdasarkan hak akses pengguna
- Analisis fungsional => mengidentifikasi operasi-operasi apa saja yang akan dijalankan di dalam system maupun terpisah dengan system tetapi sangat penting bagi user.
- Analisis konfigurasi => mengidentifikasi lingkungan dan instruktur apa yang tepat untuk aplikasi yang akan dibuat.
b. Design modeling
- Desain antarmuka ( Interface ) => memeriksa kumpulan informasi yang telah dilakukan dalam tahap analisis, kemudian buat sketsa antarmuka, memetakan obyektif user ke dalam antarmuka uang spesifik.
- Desain estetika => merancang tampilan halaman dengan kombinasi warn, teks, dan gambar yang sesuai dengan isi dan tujuan aplikasi web.
- Desain isi ( content ) => merancang content dari aplikasi web itu sendiri. Desain tersebut dirancang berdasarkan kebutuhan informasi yang telah di identifikasi pada tahap analisis. Sedangkan desain basis data yang dilakukan yaitu : desain model konseptual, desain model logic, dan desain model fisik.
- Desain navigasi => hanya dilakukan ketika aplikasi web itu memiliki aturan-aturan atau hak otorisasi buat user sesuai dengan alur kerja system.
- Desain arsitektur => difokuskan pada aplikasi yang berstruktur hypermedia. Struktur arsitektur berkaitan erat dengan tujuan dari pengembangan situs, content yang disediakan dan user yang mengunjungi web.
4. Construction (kontruksi)
a. Implementasi ( coding )
Implementasi dilakukan dengan mengaplikasikan halaman web dalam bentuk HTML berdasarkan hasil perancangan isi pada aktivitas pada non technical member sedangkan implementasi isi dan fungsi logika dibuat dalam bentuk PHP.
b. Pengujian ( testing )
Dilakukan untuk mengetahui kemungkinan terjadinya kesalahan seperti kesalahan pada skrip atau form, navigasi ataupun tampilan, maupun bagian lainnya.
5. Delivery & Feedback
Serah terima dan respon dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner kepada user berupa respon untuk mendapatkan penilaian dari setiap kriteria sebagai hasil evaluasi bagi pengembang. Kriteria yang dilakukan biasanya usability, functionality, serta reliability.

Selanjutnya, teman-teman apakah tahu Kategori AplikasiWeb ??? .
Menurut berjalannya waktu ada Sembilan kategori, yaitu :
Kategori dalam aplikasi web yaitu :

1. Document Centric Web Site
- Model ini adalah genarasi awal dari aplikasi web.
- Halaman web disimpan di dalam sebuah web server sebagai halaman yang sudah jadi, dan bersifat static, biasa dibuat dalam format HTML.
- Dikirim ke webclient sebagai respon terhadap adanya request.
- Halaman Web diupdate secara manual menggunakan tools tertentu.
- Untuk kasus Websites yang membutuhkan perubahan berkala, dengan sejumlah halaman, maka akan membutuhkan faktor biaya yang signifikan dan biasanya berdampak terhadap infromasi yang out of date.
- Kelebihan model ini adalah pada kesederhanaan dan kestabilan web site
- Static Home Pages, Web cast, dan simple web termasuk ke dalam kategori ini.
2. Interactive Web Application
- Dengan diperkenalkannya konsep CGI (Common Gateway Interface) yang dapat diintegrasikan ke dalam form HTML, maka model static web mulai bergeser ke dalam bentuk interaktif web.
- Pada generasi awal masih bersifat sederhana, tersedia form interaktif dalam bentuk rasio button, dan seleksi menu.
- Halaman web dan link ke halaman lainnya di hasilkan secara dinamis sesuai dengan input yang diberikan user.
- Contoh untuk kategori ini antara lain : situs berita dan timetable information.
3. Transactional Web Application
- Jenis aplikasi ini dibuat untuk menyedia fasilitas interaktif yang lebih baik.
- Memungkinkan user untuk berinteraksi dengan aplikasi, tidak hanya dalam bentuk readonly, tetapi juga memungkinkan untuk mengupdate data atau mengubah isi, dimana dibutuhkan system basis data.
- Memungkinkan untuk melakukan queri secara terstruktur.
- Online banking, online shopping, dan booking systems termasuk ke dalam kategori ini.
4. Workf lowbased Web applications
- Pada model ini memungkinkan untuk menangani transaksi aplikasi dalam atau antar perusahaan, user publik dan user private.
- Katersediaan Data (Availability) merupakan salah satu layanan web dengan jeminan interroperabilitas (memungkinkan bagi system yang berbeda untuk dapat saling berkomunikasi).
- Kekompleksan layanan dalam sistem ini merupakan salah satu kuncinya
- Woekf low ini salah satu bentuknya adalah B2B Solution (BussinesstoBussiness Solution), baik dalam eCommerce, aplikasi eGovernment dalama era administrasi publik atau dukungan berbasis web bagi pasien dalam sektor kesehatan.
5. Collaborative Web applications
- Digunakan dalam membentuk suatu (groupware).
- Kebutuhan untuk komunikasi diantara user yang berkolaborasi.
- Collaborative Web applications mendukung proses berbagi informasi dan workspaces.
- Mereka juga menggunakan logs dengan sejumlah entri data dan edit data (seperti pada weblog) sebagai mediator pertemuan atau berdiskusi.
- Mendukung komunikasi diantara member, contohnya dalam bentuk chatting.
6. Social Web
- Suatu bentuk layanan web yang memungkinkan orangorang saling berinteraksi social meskipun tidak bertemu secara langsung.
- Dapat digunakan untuk orangorang yang mempunyai interest yang sama.
- Facebook.com dan myspace.com adalah salah bentuk social web yang terkenal saat ini.
7. Portaloriented Web applications
- Menyediakan satu tujuan akses dalam bentuk akses terpisahpisah, berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber informasi dan layanan yang heterogen.
- Sebagai tambahan pada portal umum, terdapat berbagai jenis portal dengan kegunaan khusus, seperti portal bisnis, portal pasar dalam bentuk mall belanja online, portal komunitas dan portal akademik yang mana hampir dipakai di tiap Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia, contohnya portal akademik Udinus yaitu mahasiswa.dinus.ac.id
8. Ubiquitous Web applications
- Menyediakan layanan yang dapat dikutomisasi oleh usernya, kapanpun, dimanapun dan untuk perangkat apapun, semuanya itu merupakan layanan akses yang ada dimanamana.
- Sebagai contoh misalnya aplikasi web yang menyediakan layanan bagi orang yang bermobilitas tinggi untuk mengetahui restoran yang buka pada tengah malam contohnya.
9. Semantic Web
- Seiring dengan semakin berkembangnya industri TIMEES (Telecommunications, Information technology, Multimedia, Education dan Entertainment, dan Security), maka permintaan akan ketersediaan layanan dimanapun dan jenis layanan apapun akan mendominasi pasar aplikasi web, maka dibutuhkan suatu pengembangan aplikasi web yang disebut dengan Semantic Web.
- Tujuan Semantic Web adalah menydiakan informasi yang tidak hanya untuk manusia, tetapi juga informasi yang bersifat machine readable form.
- Semantic Web menyediakan suatu knowledge manegement pada web baik dalam bentuk link atau konten yang dapat digunakan kembali (content syndication)

Sekian postingan “WEB ENGINEERING” kali ini , sampai ketemu pada tugas selanjutnya .




 

 

3 comments:

  1. Makasi tambahan ilmunya gan tentang web engineering.

    bagi agan yang berminat belajar membuat website bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/web-design.html

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kakak atas artikel nya, terus tulis artikel lainnya ya kak. O iya, perkenalkan nama saya Putri Amelia Nim 1622520017 dari kampus ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  3. Wihh...terima kasih telah berbagi ilmu kak...
    Sukses selalu ya...
    Perkenalkan kak,Saya Arta Uli Opi dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete